TIPS TIDAK PERLU ANTRI DAPAT TIKET KA: TEKAN 121!

23 Feb

Saya terbilang sering menggunakan jasa Kereta Api. Sejak kenal pertama kali, waktu itu kalau tidak salah kelas 2 SMA dan perjalanan perdana waktu itu adalah Jogja – Jakarta dengan Kerata Fajar Utama, saya langsung jatuh cinta dengan model tranportasi massa yang harganya terjangkau, cukup nyaman dan tentunya relatif aman. Walaupun banyak kekurangan yang dirasakan dari sisi pelayanan, tapi karena sudah terlanjur cinta ya susah untuk berpaling, begitulah kira-kira.

Sudah pernah beli tiket kereta api? Pasti sebagian besar menjawab sudah. Caranya bagaimana? Langsung pesan di loket pembelian pada saat menjelang berangkat, memesan sebelumnya melalui loket reservasi. Nah itu cara tradisional dan saya rasa paling banyak dilakukan.

Sebenarnya saya sudah membacanya di web PT. KAI setahun yang lalu, bahwa pelayanan pembelian tiket bisa dilakukan secara online, atau via telephone ke Call Center (yg ini munculnya belakangan). Petunjuk teknis pembeliannya pun sudah dijelaskan disana. Tapi untuk mencobanya, terus terang saya baru berkesempatan beberapa hari yang lalu.

Ternyata tinggal pencet 121 via telp rumah, maka kita bisa melakukan transaksi pembelian tiket dengan nyaman. Setidaknya itu yang saya rasakan pada pengalaman pertama ini. Berikut reviewnya…

1. Tekan 121 dari telp rumah

Cukup mudah. Angka 121 mudah diingat, dan petunjuknya tidak terlalu rumit. Pilihan menunya Kereta Api Jarak Jauh atau KRL Jabodetabek. Kemudian masing-masing ada pilihan Info saran dan keluhan, pemesanan tiket bisnis dan eksekutif, registrasi pelanggan KRL Jabodetabek, mengirim saran dan keluhan via fax.

2. Pilih Layanan Pemesanan Tiket Bisnis dan Eksekutif.

Begitu anda pilih angka dan menu tersebut, maka anda akan langsung diterima oleh petugas yang cukup cekatan dalam melakukan tugasnya. Bertanya dari siapa, alamatnya dimana, pesan tiket kereta apa (bis/eks), dari dan tujuannya, hari dan tanggal berapa, berapa jumlahnya, bahkan sampai ditawari mau duduk di kursi mana.

3. Kode Booking Tiket

Setelah dikonfirmasi sebelumnya oleh sang petugas, kita akan mendapatkan kode booking tiket berupa angka sebanyak 13 digit (mengambil contoh milik saya yang 0505.0880.20871). Setelah itu selesai.

4. Pembayaran via ATM

Pembayaran harus kita lakukan dalam waktu 3 jam, karena jika tidak otomatis akan dicancel oleh sistem. Waktu itu saya menggunakan ATM Mandiri karena kebetulan saya nasabah Bank Mandiri. Masuk Menu Pembelian/Pembayaran –> Tiket –> Kereta Api. Setelah ini kita masukkan kode booking tadi, bayar. Print out tanda bukti transfer harus disimpan baik-baik, karena ini yang akan kita gunakan untuk menukarnya dengan tiket di stasiun terdekat.

5. Penukaran Tiket

Penukaran bisa dilakukan sejak dibayar hingga (dianjurkan) pada H-1. Harus di stasiun yang sudah online, maksudnya secara elektronik sistem di stasiun tersebut sudah terhubung langsung dengan sistem mereka di pusat. Jam kerjanya bebas, kata petugasnya selama loket penjualan masih buka bisa dilayani. (Kebetulan saya tanyakan pada petugas di stasiun Bekasi bisa sampai jam 21.00 malam).

Secara umum saya puas dengan pelayanan 121 ini, karena selain saya terbukti mendapatkan tiket yang saya beli, proses berlangsung cepat dan saya mendapatkan kepastian dan kenyaman dalam bertransaksi. Yaa, secara simple misalnya tidak akan merasa kecewa karena sudah jauh-jauh datang, antri berjam-jam, eh, kehabisan tiket🙂 . Mungkin seperti gambar sebelah (suasana di stasiun Jatinegara pada saat liburan tahun baru 2010).

Tapi saya juga menemukan beberapa kelemahan yang langsung saya rasakan, ini mungkin sekaligus bisa menjadi masukan.

– Jika sistem di stasiun terganggu atau sedang offline, penukaran tidak bisa dilayani. Ini cukup mengganggu. Solusinya bukti transfer dari ATM seharusnya sudah bisa menjadi tiket yang sah. Jika tidak bisa serta merta, katakan setelah mendapatkan stempel khusus dari stasiun yang diberi otorisasi.

– Pelayanan call center hanya pada jam 04.00 s/d 22.00, seharusnya bisa 24 jam agar sempurna. Malam sebelum saya memesan tiket perdana ini saya sudah coba telp ke 121, sekitar pukul 22.00 kurang sedikit. Jawaban pada waktu itu, disarankan untuk menelpon kembali besok pagi.

Mungkin ada masukan atau pengalaman yang lain dari kawan-kawan semua?🙂

Haqim -menjelang long weekend tgl 26 Feb-

6 Tanggapan to “TIPS TIDAK PERLU ANTRI DAPAT TIKET KA: TEKAN 121!”

  1. Agus 23 Februari, 2010 pada 7:11 pm #

    sepertinya bisa dicoba *dance*

  2. mas hqm 23 Februari, 2010 pada 7:16 pm #

    Hehehe..iya mas Agoos..recommended u/ dicoba lah, habis ini nyoba yang pesan tiket online atau via HP juga bisa, cuman susah ngapalin angkanya kalo belum biasa (saya dibayar berapa ya sama PT. KAI ngiklan begini)..

  3. Programmer Code 31 Maret, 2010 pada 12:22 pm #

    coba di Bali ada KA..

  4. zain 8 Agustus, 2010 pada 12:12 pm #

    hmmm…mungkin bisa saya tambahkan, untuk pembelian tiket secara online tsb sepertinya tidak berlaku pada musim mudik lebaran.

    beberapa hari yang lalu saya buka web PT KAI, disana ada kolom agen tiket resmi. kebetulan ada yang deket rumah. akhirnya saya ke agen tsb, kasih DP…besok nya tiket sudah ditangan.

    oh iya, mereka hanya ambil untuk 30rb per tiket kok, dari pada antri…ya mending ikhlasin 30rb. hehehehe

    semoga bermanfaat.

  5. mas hqm 10 Agustus, 2010 pada 4:00 pm #

    zain:

    hmmm…mungkin bisa saya tambahkan, untuk pembelian tiket secara online tsb sepertinya tidak berlaku pada musim mudik lebaran.

    beberapa hari yang lalu saya buka web PT KAI, disana ada kolom agen tiket resmi. kebetulan ada yang deket rumah. akhirnya saya ke agen tsb, kasih DP…besok nya tiket sudah ditangan.

    oh iya, mereka hanya ambil untuk 30rb per tiket kok, dari pada antri…ya mending ikhlasin 30rb. hehehehe

    semoga bermanfaat.

    terima kasih infonya mas.🙂
    Kebetulan saya juga sudah coba, dan berdasarkan pengalaman saya agen mengambil charge-nya bervariasi ada yang 10 rb (resmi), ada juga yang 20 rb.
    Info terakhir PT KAI menggandeng CITOS untuk e-ticket, tp mungkin setelah lebaran baru berjalan normal. CMIIW🙂

  6. jabon 11 Agustus, 2010 pada 9:50 am #

    by : jabon :

    wah enak tu apalagi sekarang ha,mpir labaran saya mau mudiiikhe hehe he he

    jabon

Tinggalkan Balasan

