CDMA2000 1X EV-DO Rev A, Seperti Apa Sih?

22 Okt

Ada beberapa teman yang menanyakan hal tersebut kepada saya. Apalagi ketika santer terdengar kabar bahwa Smart Telecom akan segera launching EVDO. Saya yang kebetulan saja nyasar di telko n sama sekali tidak punya background teknik tentunya sama tidak taunya dengan mereka.

Akhirnya karena penasaran, saya coba search di Paklik Google. Dengan key words “CDMA2000 1X EV-DO Rev A”, enter. Busyet!! bahasa Inggris semua. Eh, agak ke bawah ada yang terkait dengan Indonesia.

Quote (dari http://en.wikipedia.org/wiki/CDMA2000)

Indonesia: Mobile-8 Telecom with its brand, FREN is the first Indonesian major wireless operator with CDMA2000 1x RTT and currently expand its EVDO Rev A, who has introduced the first Mobile TV in the market. Later followed by Sampoerna Telecom with its brand, CERIA which operates CDMA 2000 at 450 MHz. The other CDMA2000 providers are running with fixed wireless access license such as Bakrie Telkom with its brand, Esia and Telkom with its brand, TelkomFlexi”

Beruntung akhirnya ada yang baik hati nulis artikel tentang EV-DO Rev A ini dengan bahasa Indonesia di smartlink.

Berikut saya share buat Anda:

Seiring dengan perkembangan teknologi internet yang semakin pesat kebutuhan masyarakat akan akses internet yang cepat juga semakin tinggi. Beragam koneksi internet ditawarkan oleh beberapa operator seluler baik GSM maupun CDMA. Pada jaringan seluler GSM konsumen ditawarkan broadband 3G dan 3.5G dengan teknologi HSDPA atau High Speed Downlink Packet Access (Sangat cepat untuk dowload, namun tidak untuk upload). Seakan tidak mau kalah CDMA juga menawarkan teknologi sekelas 3,5G yaitu CDMA2000 1x EV-DO  Revision A yang mempunyai kecepatan yang sangat tinggi untuk akses internet baik baik dowload ataupun upload.

EV-DO atau EVDO  adalah kependekan dari Evolution Data Optimization atau ada  yang menyebutkan Evolution Data Only, merupakan standard telekomunikasi baru yang dapat digunakan untuk mengakses Internet broadband.  EVDO telah memiliki standard dari 3rd Generation Partnership Project 2 (3GPP2) sebagai bagian keluarga CDMA2000 kelanjutan dari teknologi 1x.

Bagi pengguna aplikasi berbasis IP seperti Email, chatting, browsing dan lain-lain tidak perlu kuatir karena jaringan EVDO Rev A menggunakan protocol IP yang sangat aplicable untuk layanan multimedia, baik layanan pertukaran data maupun suara karena dapat memadukan mobile wireless, komputasi dan perangkat elektronik.

Teknologi EVDO Rev A yang sangat membanggakan adalah akses data sangat cepat baik untuk download maupun upload.  Kecepatan download  akses ke mobile device hingga 3.1 Mbps, sedangkan kecepatan upload dapat beroperasi hingga  1.8 Mbps yang memungkinkan penggunanya dapat mengakses internet dengan sangat  cepat.   Kehebatan teknologi EVDO Rev A ini telah dibuktikan oleh Sprint dan Verizon yang menjadi market leader di negara Amerika Serikat, selain itu broadband CDMA juga menyediakan potensi nirkabel yang memancarkan sinyal lebih kuat dari teknologi selular lainnya.

Superioritas lain dari teknologi EVDO Rev A ini memiliki  fitur yang tidak dimiliki oleh pesaingnya – teknologi HSDPA, dimana pada teknologi ini terdapat fitur ‘Service Control’ yang dapat mengenali trafik data apa saja yang sedang melewatinya sekaligus mampu untuk memberikan prioritas terhadap paket tersebut. Pemberian prioritas ini juga dapat dilakukan berdasarkan profile dari pelanggannya. Fitur ini akan sangat berguna bagi operator untuk mengatur lalu lintas data yang akan lewat pada jaringan EVDO yang dimilikinya. Contoh aplikatif dari fitur ini adalah pelanggan premium  akan mendapatkan prioritas tertinggi sehingga pengalaman berinternetnya akan lebih baik ketimbang pelanggan biasa. Atau operator dapat juga mendefinisikan bahwa pelanggan yang melakukan browsing akan mendapatkan prioritas tinggi ketimbang pelanggan yang men-download konten dari internet.

Aplikasi yang dapat digunakan pada jaringan EVDO
Teknologi CDMA 2000 1x EV-DO Rev A yang mempunyai kecepatan yang sangat tinggi dengan kapasitas yang besar memang menjadi impian bagi pengguna teknologi yang hobi internet, transfer data, atapun multimedia. Dengan kecepatan downlink (mengunduh konten dari internet) hingga  3.1 Mbps  dan kecepatan uplink (menaikkan konten ke internet) hingga 1.8 Mbps akan sangat memanjakan konsumen dalam menggunakan layanan multimedia seperti browsing, download lagu, mobile TV, video sharing, teleconference, hingga online games.

Teknologi EVDO juga sangat cocok digunakan untuk aplikasi delay sensitive (aplikasi yang mengharuskan koneksi internet cepat secara kontinyu) semacam Voice Over IP (VoIP), dengan menggunakan teknologi ini, sehingga suara yang dihasilkan lebih jernih.   Aplikasi lain dari teknologi ini adalah transfer video pada perangkat video surveillance yang sudah didukung protocol IP.  Contoh, melalui perangkat video kita dapat memonitor dan mengetahui keadaan anak di rumah.  Pengembangan lainnya untuk monitoring trafik pada titik titik kemacetan.

Mengingat momentum pasarnya sangat penting, teknologi 3G CDMA akan terus menjadi platform pemimpin di dunia komunikasi bergerak (mobile), termasuk dalam hal layanan mobile broadband canggih, bahkan sampai jauh melewati tahun 2020.

(RH)

12 Tanggapan to “CDMA2000 1X EV-DO Rev A, Seperti Apa Sih?”

  1. sandi 24 Februari, 2009 pada 11:02 am #

    apakah anda pengguna CDMA2000 1X EV-DO Rev A? saya pengen pasang tapi lum tw daerah saya sudah terjangkau atau belum. daerah saya di jembatan lima. mhn reply, thx.

  2. ex. smart 25 Februari, 2009 pada 10:08 am #

    gampang mas, telp customer care nya smart, tanya! tinggal sebutin nama kecamatan situ tinggal..

  3. sandi 25 Februari, 2009 pada 3:36 pm #

    sudahkah anda menggunakan CDMA2000 1X EV-DO Rev A?

  4. ex. smart 25 Februari, 2009 pada 4:20 pm #

    pertanyaan yg aneh.. ya jelas sudah lah

  5. rifkahakim 28 Februari, 2009 pada 8:28 am #

    terus gimana mas rasanya pake EVDO? ex smart berarti sudah nggak di smart ya mas? hehe..

  6. BRAMA ELANG 20 Januari, 2010 pada 9:02 am #

    saya sudah pakai… dijamin…gak kecewa… saat ini masih cepaaaaaattt….

  7. mas hqm 20 Februari, 2010 pada 1:57 pm #

    Apalagi sekarang sudah upgrade ke Rev B mas, jadi lebih cepat lagi.
    yaa.., selama pemakai belum membludagk masih ibarat jalan tol yang kosong!

  8. rosyad 28 Mei, 2010 pada 10:07 pm #

    saya punya cdma usb modem EC325 keluaran esia..apakah modem tersebut sudah menggunakan teknologi cdma2000 1x?? soalnya saya lihat dibox dan buku panduan tidak ada kterangan hal tsb. trus Mas ADMIN kalau saya mau ganti kartu ruim untuk modem tersebut selain esia, semisal menggunakan smart atau starone dll bagaimana mas???
    mohon infonya ya…

  9. cora 16 Juli, 2010 pada 1:57 pm #

    perbulannya berapa ya pke CDMA2000 1X EV-DO Rev A ini??
    apa ada paket2 nya gitu?

  10. mas hqm 16 Juli, 2010 pada 3:30 pm #

    cora:

    perbulannya berapa ya pke CDMA2000 1X EV-DO Rev A ini??
    apa ada paket2 nya gitu?

    iya check aja di sini..

  11. lulu 18 Agustus, 2014 pada 10:54 am #

    mau tanya modem ini bisa untuk kartu apa saja ya?

  12. agung 18 Agustus, 2014 pada 10:57 am #

    kartu smart aja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: