Benchmark Tarif GSM : XL Bebas 0,1; Telkomsel-Simpati PeDe 1/2; Indosat-Mentari Gratis Menit Pertama; 3 Three Hutchison CP

1 Feb

perbandingan tarif on net gsm 
Operator GSM belakangan ini berlomba-lomba berpromosi untuk memikat hati customer.
Banyak orang yang bingun memilih. Masing-masing memiliki plus minus sendiri-sendiri. Ada yang mengunggulkan tarifnya yang paling murah, teknologinya, tapi ada juga yg mengunggulkan pelanggannya yang berjuta-juta walau agak mahal dikit.
Nah, Data berikut mungkin dapat menjadi inspirasi sebelum memilih operator GSM yang akan dipakai. 

Perbandingan tarif 2 jam pertama
                 
  TARIF SESAMA  
    10 menit  20 Menit  30 menit  40 menit  60 menit  120 menit   
  bebas 0,1  Rp   1,548   Rp      1,608   Rp      1,668   Rp   2,268   Rp   3,465   Rp   7,065   
  Simpati PeDe 1/2   Rp   1,770   Rp      2,070   Rp      2,370   Rp   2,670   Rp   3,270   Rp   5,070   
  Mentari   Rp   4,500   Rp      9,500   Rp    14,500   Rp 19,500   Rp 29,500   Rp 59,500   
  3 Hutch   Rp   1,500   Rp      3,000   Rp      4,500   Rp   6,000   Rp   9,000   Rp 18,000   
                 
Perbandingan tarif 10 menit pertama (XL vs Telkomsel)
                 
  TARIF SESAMA  
    menit 1 menit 2 menit 3 menit 4 menit 5 menit 10  
  bebas 0,1 Rp 1500 Rp 1500 Rp 1503 Rp 1509 Rp 1521 Rp 1545  
  Simpati PeDe 1/2  Rp 1500 Rp 1530 Rp 1560 Rp 1620 Rp 1650 Rp 1770  
                 
Perbandingan tarif off net ke operator lain 2 jam pertama
           
  TARIF KE OPERATOR LAIN  
    10 menit  60 Menit  120 menit   
  bebas 0,1  Rp   9,024   Rp    45,180   Rp    90,360   
  Simpati PeDe 1/2   Rp 36,000   Rp  216,000   Rp  432,000   
  Mentari   Rp 32,000   Rp  192,000   Rp  384,000   
  3 Hutch   Rp 20,000   Rp  120,000   Rp  240,000   
           

Tabel pertama, adalah tarif on net ke sesama oparator. Sedangan tabel kedua adalah tarif offnet ke operator lain.
Dari data tabel tersebut bisa dilihat bahwa XL bebas, kartu yang dikeluarkan oleh PT Excelcomindo Pratama, Tbk., ini menunjukkan keunggulan tarif murah perdetik dan hemat apabila durasi percakapan ke sesama XL di bawah  60 menit (1 jam). Sedangkan tarif ke operator lain pada menit ke berapapun memang lebih murah dibanding operator lain. Sayang program hanya berlaku sampai April 2008 (http://www.xl.co.id/Bebas/Tarif_Termurah_bebas/).

Simpati PeDe, kartu yang dikeluarkan oleh PT. Telkomsel ini menunjukkan keunggulan untuk tarif murah per detik dan hemat apabila percakapan dilakukan hanya dilakukan ke sesama produk Telkomsel dengan durasi percakapan di atas 60 menit (1 jam), namun justru memiliki tarif paling tinggi untuk panggilan ke operator lain (http://www.telkomsel.com/web/tarif).

Mentari, kartu yg dikeluarkan oleh PT. Indosat, Tbk., ini menunjukkan keunggulan tarif hanya ke sesama produk Indosat pada 1 menit pertama saja.
Terakhir Mentari mengeluarkan program promo baru, ngobrol gratis 1 menit pertama. Tapi ada syarat ketentuan seperti biasa, misalnya isi ulang minimal 10 ribu. Hanya bisa dipake jam 5 pagi sampe jam 5 sore, dan hanya bisa dipake ke 5 temen on net, dan gak bisa interlokal.
Namun gratis 1 menit pertama hanya berlaku sebanyak 20 x sehari untuk area luar jawa (panggilan di pulau jawa maksimal 10 kali). Dan, tarif Mentari ke sesama tergolong paling mahal untuk hari SENIN, SELASA, RABU dan KAMIS.

Three (3), dari PT. Hutchison CP Telecommunication posisinya agak serba nanggung. Mereka hanya menunjukan keunggulan ke sesama 3 dengan durasi percakapan pada 10 menit pertama saja. Namun, 3 menjuarai kelas SMS dengan tarif termurah Rp 100,- ke semua operator.

Sudah kelihatan kan posisinya. Tapi ingat masih ada CDMA yang juga menawarkan tarif yang jauh lebih murah, bahkan gratis.
Jangan-jangan malah jadi tambah bingung nih, hehehe…

rifkahakim (Februari 2008)

7 Tanggapan to “Benchmark Tarif GSM : XL Bebas 0,1; Telkomsel-Simpati PeDe 1/2; Indosat-Mentari Gratis Menit Pertama; 3 Three Hutchison CP”

  1. xena 5 Maret, 2008 pada 8:59 pm #

    gila2 an tarif telepon tapi gua gak tertarik tuh pindah kartu soalnya pulsa 60rbu sebulan pake im3 cuma habis buat ngenet di hp cari2 ilmu gratis sama push email, chat, ngeblog jg lewat hp and many more sama belanja online hehehe http://cocoan.blogspot.com/

  2. rifka hakim 8 Maret, 2008 pada 11:10 am #

    Ya emang gila, apalagi sekarang kan udah ada promo baru dari XL, IM3. Pasti yg lain bakalan nyusul juga, coz emang terkait plan turunnya tarif all operator telco per April depan.

    Bos, kalo cuman mau ngenet murah apalagi gratis, gampang.. bisa ngikut cara gw, stay aja di kampus2/hotel2 yg nyediain wifi gratis, just modal laptop doang.. or pulang kantor agak belakangan, ngenet bentar, gratis tis tis hehe..

  3. wiwit 23 Mei, 2008 pada 2:55 pm #

    mmm…menurut ku semua emg tgtg kebutuhan dan kebiasaan.
    kalo biasa telpon, lebih enak pake bebas (jelas murah, ke sesama XL or keluar XL)
    kalo biasa sms (bisa pake M3 or Bebas EXTRA)
    kalo yg gak suka ribet (pake karti Halo or Explore)
    kalo ngenet (emg lebih murah pake wifi kampus or kantor, kalo di hotel/mall jatohnya lebih mahal juga, soalnya gak bisa nyolokin kabel kalo batery laptop habis he he he…)

  4. ipunk33mobile 26 Juli, 2008 pada 6:18 pm #

    Telkomsel paling mahal ke semua di kelas GSM, Mentari paling mahal ke sesama di kelas GSM, XL vs M3 bersaing. 3 cm gratis di SMS, AXIS paling murah tarif GPRS. Mana pilihanmu? Add aq YM: ipunk33mobile

  5. rifkahakim 26 Juli, 2008 pada 10:01 pm #

    Punk, Telkomsel paling mahal tp paling bagus coverage dan paling banyak pelanggannya. 3G-nya jg paling ok. XL & INDOSAT (terutama IM3) sama2 banyak promonya. AXIS murah tarif bicara dan GPRSnya, tp recently br ada di beberapa kota aja (Surabaya, Bandung, Jkt), 3 murah tp g ada pelanggannya, wakakak..

  6. Erwin Subhana 18 Januari, 2009 pada 7:22 pm #

    aggghhh, bingung dah gw mesti pake yang mana, yang jelas pasti punya kelebihan dan kekurangan, tp gw tetep pake simpati PD aja, Biar Tekor asal Kesohor Cuyyyy…. hehehehe

  7. paparocker 25 September, 2009 pada 9:28 pm #

    Bingung jg ye pilih kartu yg bs slamanya pake.. Ga murah2 bgt, sinyal ok, trus bnyk yg pake.. Internetan / sms jg ga boros. Apa ya..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: