CARA PRAKTIS MEMPERBAIKI KNALPOT MOTOR

30 Mei

Ini kisah pribadi yg ditulis akhir tahun lalu sebenarnya.. dan juga sudah saya posting di blog saya  yg lain. Tapi karena status blog-nya sudah koma, ya ga papa lah di repost lagi di sini.

CERITANYA BEGINI

Hari ini aku bangun pagi-pagi sekali, ya.. setidaknya rencananya. Kenyataannya tetep aja agak kesiangan seperti kemarin dan kemarinnya lagi. Langsung lompat ke kamar mandi, ngucek2 mulut, mata, kepala, telinga, tangan dan kaki. Sholat dulu..
Abis itu kerasa laper..untung masih ada sekotak susu coklat dan beberapa bungkus energen, lumayan buat ganjel2 perut.
Ffiuh.., akhirnya selesai juga cucian terakhirku -jeans belel dan jaket biru satu-satunya- terjemur di pagar depan kontrakan, berarti rencana besarku hari ini akan segera terlaksana.
Hap, aku sudah berada di atas Kharisma 125D 2003 ku. Tunggangan yang selama ini setia menemaniku mondar-mandir kesana kemari demi mencari sesuap nasi.
Sayangnya beberapa bulan ini powernya merosot tajam, gara-gara knalpotnya berlubang disana-sini. Bensinnya juga boros. Suara pun jadi aneh. Itu dia, akibat knalpot yg bolong bikin kesel.

CARA PRAKTIS MEMPERBAIKI KNALPOT MOTOR
Untungnya aku cukup tabah, hehe.. Jadi sekarang aku beri tips neeh, cara menyiasati knalpot bolong dengan murah tapi berkualitas berdasarkan pengalaman nyata (wuizz!).
1. Kenali letak knalpot yang bolong. Caranya? dengan diraba-raba. Cara yg lain di lihat dan di terawang. Namun, yg paling cerdas adalah dengan menghidupkan motor lalu dirasakan anginnya, dari bagian mana angin knalpot keluar.
2. Bawalah ke bengkel resmi. Jika tidak pergilah ke bengkel yg bisa dipercaya gak bakal bo’ong. Tanyalah ke teknisinya knalpot yg bolong ini perlu diganti baru, cukup ditambal saja atau digimanain. Sebagian besar knalpot yg belum begitu parah, cukup ditambal doang,
3. Surveylah harga knalpot baru. Pasti jawabnya mahal. ada yg 160 rb, ada yg 200 rb bahkan lebih. itu kalo yg asli. Yang murah ada? Ada, biasanya bikinan home industri..yg pasti kualitas masih dibawah sparepart aslinya.
4. Cari bengkel las yang bisa ngelas knalpot motor dengan rapi dan murah. Tanyalah biaya ngelas knalpot berapa. Pergilah tidak hanya ke satu tempat, tapi ke beberapa tempat agar bisa dibandingkan. jika ada cari (kalo bisa) bengkel yg sudah kenal baik dgn anda, agar bisa ngutang.
5. Pergilah ke bengkel dengan pakaian seadanya. Pake Kaos oblong bolong. Pake sandal jepit. Dan bawalah uang ribuan sejumlah perkiraan harga berdasarkan hasil survey (biasanya antara 5 rb – 25 rb), kalo bisa bahkan receh. Jangan bawa dompet, kantongin aja. Mintalah tukang lasnya mengelas bagian knalpot yg bolong.
6. Perhatikan cara bayarnya. Jika sudah selesai, berikan saja uang ribuan anda sejumlah sedikit di atas perkiraan minimal anda pada tukan las-nya, misalnya 10 rb.. (tergantung kerusakan knalpot anda) dan langsunglah pergi dengan mengucap terima kasih sebelumnya. Jika tukang las menerimanya, maka selesailah misi anda. Jika tukang las merasa kurang, maka dia pasti akan meminta kekurangannya.
7. jika uang anda tidak cukup, maka tinggalkan motor anda sebagai jaminan, dan carilah pinjaman sesegera mungkin.

Mungkin itu tips dan trick (yg cukup ngawur!) dari saya mengenai perawatan motor yang paling sederhana, tapi dengan hasil yg berkualitas.
Saya sudah membuktikannya dengan menghabiskan uang hanya 20rb saja buat ngelas knalpot. ..murah bukan?! bandingkan jika anda harus mengganti knalpot anda, minimal anda akan keluar 150 sampai 200rb.
Silahkan dipraktekkan! Dan kalau sukses jangan lupa contact saya ya. Tapi kalau sebaliknya…, …berarti anda belum beruntung, coba lagi deh taun depan, hehe..

About these ads

7 Tanggapan to “CARA PRAKTIS MEMPERBAIKI KNALPOT MOTOR”

  1. anak_motor 4 Juli, 2008 at 8:11 am #

    Waaalaaahh Ribet amat cuma las knalpot bolong2 aja pake macem2 trik ini itu.. ketauan gak gaul ente. Ngapain pusing ini itu pake sgala macem aaahh cape deh.. kalo knalpot mo bolong mo patah skalipun bawa aja ketukang las spesialis bikin knalpot motor. Harga udah standar dari yg nambel yg bolong doang sampe patah sekalipun. Rata2 juga standar dri nambel sampe las patah juga antara 5000-25.000 gak perlu pake baju rombeng atau bawa receh ribuan segala.

    Kalo sama yang kenal mah tukang las gak usah diajarin… gak usah bayar juga gak papa kalo kenal & akrab mah kalo cuma nambel doang..

    Gaul ahh… Trus Artikel yg berbobot doong.. kyk beginian di posting gak ada gunannya… mending info yg mantep.. kyk tempat Las yg murah, Atau tips gmana kalo knalpot biar awet gak kemakan karat, kyk gitu dong… Katrok bangat sih ente..

  2. rifkahakim 6 Juli, 2008 at 1:22 pm #

    Wakakakak..thanks bro masukannya!!
    Kita mah ngaku kalah aja dah kalo ama anggota Genk AMOT secara level kita baru ngublekin cepeda, ngegowes muterin lapangan basket di kompleks.
    Btw, http://www.anakmotor.com koq g bisa dibuka, alamat fiktif yak?!

  3. sigit 4 September, 2008 at 1:30 am #

    pak kalo motor udah ribed mogok terus apanya yang harus di oprek saya udah oprek kabel gusi busi tapi nyatanya masih gitu ? blz kirim ke yahho ikanmas59 yak pak ?…….

  4. keturunan bengkel 2 November, 2009 at 8:04 pm #

    aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaalllllllllllllllllllllllllaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhhhh tinggal di las aja juga langsung beres gak usah di bawa ke bengkel segala…..

  5. abdul miad 10 Juni, 2011 at 9:31 am #

    kalo cara membersihkan knalpot rx king gmana gan?? tlg ya di kirim ke: abd.miad@gmai.com atau miadblogger.blogspot.com

  6. fikri 7 Februari, 2013 at 1:49 pm #

    ya sdh syaa mngerti…. ommm

  7. fajar f. 14 September, 2013 at 3:59 pm #

    Kalo gw cm modal Seceng doang. Beli isolatape alumunium dipasar, terus tempelin dah dibolongnye. Kelar. Dah 2 taun awet. Jangankan knalpot, panci burik emak gw aj yg bocor, rebes..bes!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: